Products

Sahang atau Lada atau Pepper

Lada atau yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Piper nigrum L. (fam. Piperaceae)merupakan salah satu tanaman merambat yang sangat terkenal dalam dunia kuliner sebagai rempah-rempah. Bahkan tanaman ini sudah dikenal oleh bangsa asing sebagai rempah-rempah sejak ratusan tahun yang lalu.

Lada merupakan salah satu komoditas andalan devisa negara yang sangat besar dalam bidang perkebunan. Sentra produksi lada terdapat di Bangka Belitung (lada putih) dan Lampung (lada hitam). Produksi lada di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Dalam setahun produksi lada di Indonesia bisa mencapai sekitar 60 ribu ton.

Senyawa kimia yang terdapat dalam lada adalah essensial oil yang bisa diperoleh melalui steam distillation dan oleoresin yang didapat melalui proses ekstraksi. Senyawa piperine yang terdapat dalam oleoresin merupakan senyawa alkaloid yang sangat berguna dalam dunia obat-obatan, suplemen makanan, dan lain-lainya. Piperine dengan dosis yang tepat dapat mempercepat penyerapan beta-carotene, vitamin B6, Vitamin C and L-selenomethionine (www.chemistry.org).

Ekstrak biji lada dengan menggunakan suatu pelarut akan didapat salah satu senyawa yang disebut alkaloid. Alkaloid merupakan suatu molekul nitrogenous organic yang memiliki sifat pharmacological effect terhadap manusia serta hewan. Alkaloid merupakan senyawa yang mengandung nitrogen, biasanya merupakan derivat dari asam amino, rasanya pahit, berbentuk kristal putih (kecuali nikotin). Selain itu senyawa alkaloid bersifat basa dan umumnya bereaksi dengan asam membentuk garam yang larut dalam air (www.friedli.com/herbs/phytochem/alkaloids). Alkaloid ditemukan dalam tumbuhan (seperti kentang, lada, tomat, dll), hewan (seperti dalam kulit ikan), dan jamur (www.en.wikipedia.org/wiki/Category:Alkaloids). Dalam ekstrak biji lada mengandung beberapa senyawa alkaloid, seperti piperine, piperanine, piperidine, piperettine.

Piperine merupakan salah satu senyawa alkaloid yang dapat dijumpai dalam tanaman lada. Dalam biji lada, piperine dapat dimurnikan hingga kemurnian tinggi. Dalam oleoresin biji lada terdapat sebanyak 36% – 45% piperine dan 16% – 26% volatile oil (www.kancorflavours.com). Rumus molekul piperine adalah C17H19NO3, memiliki melting point 128C-132C. Piperine merupakan trans-trans stereoisomer dari piperoylpiperidine. Piperine juga dikenal sebagai (E, E)-1-piperoypiperidine (www.pdrhealth.com). (chyps)

pondok-kebun21

kebun-sahang

daun-lada1

white-pepper

Bisa pesan produk

- Muntok White Pepper, Bangka Belitung

- White Pepper Extract

- Piperine

Pergam, Air Gegas, South Bangka, Bangka Island

chyp_tou@yahoo.com

5 responses to “Products

  1. aku pesan 1 kilo ya chyp!!!! hehehe…

  2. Boleh….kirim kemana ci? hahaha

  3. aku 2 kilo deh, tp gratis yak…
    hehehehe…

  4. waduh..pada mau gratis smua pasti…
    tekor nie..

  5. terima kasih atas tulisan lada hitam yang bermanfaat ini. Saya yang awam ini mau tahu struktur molekulnya yang belum saya dapatkan. Gambaran unsur-unsur penyusunnya biar nampak jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s